Backup Partisi Hard Disk dengan Norton Ghost ( Cloning Harddisk) (Bagian 1)

Berbagi ke teman Anda dengan membagikan artikel ini di :

MaYaSTA BLOG - Cloning Harddisk “Mencegah lebih baik dari pada mengobati” ujar-ujar atau peribahasa tersebut mungkin sangat cocok jika disangkutkan dengan postingan materi kali ini.  Maksudnya, sebelum Windows-nya rusak (kebetulan saya pake sistem operasi windows) ada baiknya kita backup terlebih dahulu, dan tidak tanggung-tanggung yang di backup adalah satu partisi, berarti drive C nya kita backup, bukan hanya sistem windows-nya.
Jika suatu saat sistem operasi (OS) rusak, dengan mudah serta menghemat waktu kita bisa mengembalikan keadaan windows dalam kondisi baik, tanpa harus repot-repot menginstall ulang, menyetting ulang, serta tidak perlu repot lagi menginstall satu per satu software aplikasinya, kalo di kira-kira waktu yang dibutuhkan mungkin ada sekitar 15 menit prosesnya.
Cloning harddisk menggunakan Norton Ghost.  Yupz… Kali ini saya akan membahas tentang cara mem-backup partisi harddisk drive khususnya untuk drive C. Kenapa drive C ? … kan file sistem windows nongkrongnya di drive C hehehe …..
Untuk partisi lain juga bisa, bahkan satu harddisk kita lakukan backup juga bisa. Caranya tetep sama, seperti cara yang akan saya jelaskan pada postingan ini.

Backup pada postingan disini lebih dikenal dengan istilah CLONING. Banyak software yang bisa digunakan untuk melakukan proses cloning (backup) tapi disini proses backup saya menggunakan Norton Ghost. Dimana software norton ghost-nya terdapat pada CD HIREN’S.
Kebetulan saya menggunakan Hiren’s versi 10.6. Tidak jadi masalah versi berapapun Hiren’s yang anda gunakan. (Untuk Hiren's versi sekarang-sekarang di dalamnya sudah tidak ada lagi Norton Ghost juga untuk software berbayar lainnya, Hiren's sekarang isinya software-software yang berlisensi FREE atau freeware). Jika anda belum punya CD Hiren’s silahkan download dulu, bentuknya file ISO image. untuk memindahkan ke CD dari file iso silahkan tinggal di double klik saja file iso-nya nanti otomatis masuk ke program nero burning (… kalo di komputer anda sudah ada program Nero burningnya hehehe). kalo masih kesusahan tanya mbah Google ajah yah heuheuheuheu ………

DOWNLOAD CD HIREN’S

Boleh dibilang kalo postingan ini cocok juga dikasih judul “ Cara melakukan cloning harddisk dengan Norton Ghost “. (disertai dengan gambar, supaya lebih jelas hehehe)
Akan saya jelaskan 2 cara proses cloning, yaitu :
1. Cloning dengan file image (Prosesnya ada 2: Proses backup dan Proses restore)
2. Cloning partisi ke partisi (partition to partition) atau antar harddisk

Yuk mari kita mulai saja ........

Eitss tunggu dulu, sebelum anda melakukan proses Backup saya sarankan anda melakukan satu hal. Biar lebih jelas baca dulu postingan Tips dan trick Cloning Hard Disk dengan Norton Ghost.

Cloning dengan File Image

A. Proses Backup

1. Hidupkan komputer, lalu masuk setup BIOS. Setting booting pertama melalui CD. Sebelum menyimpan Setingan Bios dengan menekan F10, masukkan CD hiren’s. Akan muncul tampilan awal dari CD Hiren’s. seperti gambar di bawah.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA BLOG - Cloning Harddisk
2. Dari gambar di atas, pilih Dos Programs dan tekan enter. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA BLOG - Cloning Harddisk
3. Arahkan ke Backup Tools… pilih, tekan enter. Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA BLOG - Cloning Harddisk
4. Pilih dan tekan enter pada Norton Ghost 11.5.1 * …  (jika versi hiren’s yang anda gunakan berbeda, cari sampai ketemu tulisan Norton Ghost ). Akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA BLOG - Cloning Harddisk
5. Pilih Ghost (-Z9 –SPAN Highest Compression). Selanjutnya akan muncul beberapa tampilan berupa pertanyaan. Tekan enter saja terus (atau biarkan saja) sampai muncul tampilan seperti gambar di bawah.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA BLOG - Cloning Harddisk

6. Dari gambar di atas pilih  YES (tekan tombol enter). Akan muncul tampilan awal Norton Ghost seperti gambar di bawah. dan klik OK.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA BLOG - Cloning Harddisk
7. Setelah mengklik OK tadi, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA Blog - Cloning Harddisk
8. Dari tampilan gambar di atas arahkan pointer mouse ke Local > Partition > To Image. Akan membuka tampilan seperti gambar di bawah.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA Blog - Cloning Harddisk
9. Dari tampilan gambar di atas pilih harddisk source (harddisk sumber), lalu klik OK.
Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA Blog - Cloning Harddisk
10. Terdapat 2 partisi yaitu part 1 dan 2, dimana drive C yang berisi system windows adalah part 1. Maka klik part 1, lalu klik OK

Lihat gambar Klik >> :
Cloning 11
11. Dari gambar di atas, pilih di drive mana kita akan menyimpan file imagenya, di gambar saya memilih 1.2 (yaitu drive D). setelah itu ketikkan nama file nya, dan klik save.

Lihat gambar Klik >> :
MaYaSTA Blog - Cloning Harddisk
12. Pilih Yes untuk memulai proses pembuatan file image
13. Jika proses sudah selesai, akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.

Lihat gambar Klik >> :
Cloning 13
13. Proses backup menjadi file image sudah selesai, yang akan mempunyai ekstensi  *.gho.
Simpan baik-baik file tersebut. Anda akan membutuhkannya saat windows anda error.

B. Proses Restore
Untuk proses restore saya bedakan halamannya. Dikarenakan




Baca juga Artikel yang lainnya :

Diposting oleh: MaYaSTA. Mayasta Berbagi, Updated at: 01.12

3 komentar on Backup Partisi Hard Disk dengan Norton Ghost ( Cloning Harddisk) (Bagian 1) :

Mang uem mengatakan... 14 September 2012 14.49

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

dion mengatakan... 15 Oktober 2012 22.53

mas mantab nih blognya... mas kok setelah sampai ke Local > Partition > To Image malah error there is no valid source drive to choose (11032)... sedih deh

Raheesh Denadia Mayasta mengatakan... 22 Oktober 2012 01.26

Dion :
Terima kasih...

error seperti itu dikarenakan Harddisk tidak terdeteksi oleh Norton Ghost.
Saya sarankan mas Dion menggunakan norton ghost yang ada pada Hiren's versi 10.6

Biasanya hal ini terjadi karena jenis harddisknya yaitu jenis SATA. Tapi jenis ini tidak akan ada masalah jika anda menggunakan norton ghost yang ada pada Hiren's

Thanks to Hiren's Team :-)

Post a Comment and Don't Spam!

Silahkan ketik dan kirim komentar dengan bahasa yang "sopan", Enggak sesuai EYD juga gak apa-apa hehe... yang penting mudah dipahami. Otreh otreh. Insya Allah Secepatnya akan saya respon komentar Anda.

 

Followers

Gratis artikel ke email Anda

Masukkan alamat email Anda:

Delivered by FeedBurner